Bab V Desain Pemodelan Grafik

PENUTUP
5.1      KESIMPULAN
Buku ini disusun dengan maksud agar pembaca dapat memahami mengenai chart. Terlebih mengenai Bubble chart, Geochart dan Annotation chart. Dan penggunaan perangkat dan software yang menyediakan sarana dalam membuat Bubble chart, Geochart dan Annotation chart. Pembaca juga diharapkan dapat membuat atau mengerti perbandingan antara data satu dengan data yang lain secara informatif yang kualitatif yang dibuat dengan menggunakan chart. Dengan tujuan utama untuk menyajikan data-data yang berupa uraian deskriptif yang banyak dan juga kompleks bisa diubah menjadi bentuk yang sederhana dengan menggunakan grak.
1.    Bubble Chart adalah tipe grak yang memberikan tampilan 3 dimensi dari data yang berbentuk gelembung. Grak gelembung adalah variasi dari grak scatter chart dimana titik data diganti dengan gelembung dan dimensi tambahan dari data yang dipresentasikan dalam ukuran gelembung. Grak gelembung tidak menggunakan kategori sumbu-sumbu horizontal dan vertikal yang merupakan sumbu nilai. Bubble chart menggunakan sistem koordinat kartesian oat point sepanjang grid dimana sumbu x dan sumbu y adalah variabel terpisah namun tidak seperti scatter plot, masing-masing titik diberi label atau
5. PENUTUP
kategori.
2.    GeoChart yang diketahui juga dengan Geographical chart karena Geo adalah kependekan dari Geographical, dengan Geo chart kita bisa merepresentasikan banyak tipe data seperti kepadatan daerah , populasi suatu area dan juga lainnya. Jadi fungsi utama dari Geochart adalah merepresentasikan suatu area dengan spesikasinya sendiri. kita juga bisa membandingkan dua daerah atau lebih dengan menggunakan geochart.
3.    Annotation chart adalah objek user-dened atau pembentukan gambar dalam chart. Annotation chart terkadang diharuskan untuk membuat interpretasi dari grak yang mudah digunakan untuk user. Dengan annotation chart memungkinkan pengguna untuk menaruh beberapa data tambahan yang tersedia dalam grak
5.2            SARAN
Dari sekian banyak kasus yang ada hanya beberapa kasus yang memungkinkan untuk dibuat menggunakan ketiga diagram tersebut, tidak semua kasus bisa menggunakan diagram tersebut karena setiap diagram mempunyai fungsinya masing-masing. Sehingga disarankan bagi pembaca untuk memahami fungsi dari diagram tersebut agar pengaplikasiannya bisa tepat pada tempatnya.
5.3            PENUTUP
Demikianlah buku yang telah penulis buat mengenai bubble chart, geochart dan annotation chart. Diharapkan buku ini dapat berfungsi dan bermanfaat bagi kalangan banyak.Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan buku ini masi jauh dari sempurna karena masi terdapat banyak kekurangan, kesalahan dalam pendeskripsian materi, kesalahan dalam penggunaan penulisan dan banyak kesalahan, penulis memohon maaf dan kritik serta saran dari pembaca sangat CHAPTER 5. PENUTUP        91 penulis butuhkan karena dapat membantu sebagai perkembangan buku ini untuk kedepannya.


DAFTAR PUSTAKA
https://google-developers.appspot.com/chart/ http://www.vifcorps.com 
http://www.statisticshowto.com/ https://github.com/chartjs/Chart.js/issues/1358 http://www.c-
sharpcorner.com/ https://wikipedia.com/ http://dhynamardhinool.blogspot.co.id/ 
http://radityacracker.blogspot.com http://eituzed.blogspot.com http://brotoboyz.blogspot.com 
http://www.scribd.com/doc/47889248/SEJARAH-DESAIN https://id.wikipedia.org/wiki/Desain 
http://buatdesainkita.blogspot.co.id http://www.scribd.com/doc/61424915/pemodelan-gras 
http://eituzed.blogspot.co.id

0 komentar: